Begini Cara Kerja Kopling Berdasarkan Jenis Plat Penekannya

Foto infootota.com
Infootota.com Kopling pada kendaraan berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi dengan lembut dan cepat, penempatan sistem kopling pada kendaraan berada antara mesin dengan transmisi. Pada system kopling terdapat clutch cover terikat pada flywheel. Ini berarti bahwa saat mesin berputar clutch cover juga berputar.

Syarat utama yang harus dimiliki oleh clutch cover adalah balance dan mampu memindahkan panas dengan baik. Umumnya clutch cover terdiri atas dua jenis yakni Clutch Cover Tipe Coil Spring dan Clutch Cover Tipe Diapragm Spring. 

Berikut keuntungan dan kerugian serta cara kerja masing masing jenis

picture infootota.com
Clutch Cover Tipe Coil Spring

Tipe ini mempunyai keuntungan penekanan terhadap plat kopling lebih kuat, sedangkan kerugianya adalah tenaga untuk menekan pedal kopling besar dan Konstruksi rumit sehingga harganya mahal.

Cara kerja kopling Clutch Cover Tipe Coil Spring

Saat pedal kopling ditekan

Release fork menekan release bearing, release bearing menekan release lever sehingga release lever mengangkat pressure plate melalui pivot pin melawan tekanan pressure spring dan menyebabkan plat kopling terbebas (tidak lagi terjepit di antara flywheel dan pressure plate) dan putaran mesin tidak dapat diteruskan ke input shaft transmisi.

Saat pedal kopling dilepas (tidak ditekan)

Release fork tidak menekan release bearing, release bearing tidak menekan release lever sehingga pressure spring menekan pressure plate dan pressure plate menekan clutch disc ke flywheel.

Perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut

Mesin (flywheel) ke clutch cover ke pivot pin ke release lever ke pressure plate ke clutch disc ke spline ke input shaft transmisi.

Clutch Cover Tipe Diapragm Spring

picture infootota.com

Tipe ini mempunyai keuntungan Tenaga penekanan pedal kopling lebih ringan, penekanan terhadap plat kopling lebih merata, tenaga pegas tidak akan berkurang karena gaya sentrifugal saat kecepatan tinggi. Sedangkan kerugianya adalah penekanan terhadap plat kopling lebih kecil.

 Cara Kerja Clutch Cover Tipe Diapragm Spring

Saat pedal kopling ditekan

Release fork menekan release bearing, release bearing menekan diapragm spring sehingga diapragm spring mengangkat pressure plate melalui pivot ring dan menyebabkan plat kopling terbebas (tidak lagi terjepit di antara flywheel dan pressure plate) dan putaran mesin tidak dapat diteruskan ke input shaft transmisi.

Saat pedal kopling dilepas (tidak ditekan)

Release fork tidak menekan release bearing, release bearing tidak menekan diapragm spring sehingga diapragm spring menekan pressure plate dan pressure plate menekan clutch disc ke flywheel.

Perpindahan tenaganya sebagai berikut

Mesin (flywheel) ke clutch cover ke pivot ring ke diapragm spring ke pressure plate ke clutch disc ke spline ke input shaft transmisi.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Begini Cara Kerja Kopling Berdasarkan Jenis Plat Penekannya"