Pendaftaran Seleksi Daerah Worldskills ASEAN

Foto bbpvp_makassar

Infootota.com. Perhelatan besar kompetisi keterampilan kepemudaan tingkat ASEAN resmi kembali akan dilangsungkan yaitu Worldskills ASEAN (WSA) Competition 2025 yang sebelumnya bernama ASEAN Skills Competition (ASC). Kali ini kegiatan akan berlangsung di Filipina.

Apa itu ASEAN Skills Competition?

Pelaksanaan Kompetisi Keterampilan tingkat ASEAN (ASEAN Skills Competition) merupakan salah satu bentuk kerjasama peningkatan kompetensi generasi muda yang disepakati pada sidang Komite bersama antara Menteri-Menteri Tenaga Kerja Anggota Negara-Negara ASEAN pada pertemuan negara ASEAN ke-10 di Singapura pada tahun 1994.

ASC telah ditetapkan di bawah payung World Skills Competition (WSC) dan berganti nama menjadi Worldskills ASEAN (WSA) Competition. Setiap kegiatan dilaksanakan di negara yang berbeda-beda sesuai dengan urutan giliran penyelenggaraan. ASEAN Skills Competition (ASC) diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali dan diikuti oleh 10 negara di Asia Tenggara. Kompetisi ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1995 di Malaysia.

Adapun tujuan dari kompetisi Keterampilan ASEAN adalah :

  1. Untuk mempromosikan pengembangan nilai-nilai kejuruan dan teknis dan kerja yang berkualitas di kalangan pemuda dan pekerja terampil
  2. Untuk mendukung kerjasama teknis dalam pendidikan dan pelatihan kejuruan/teknis antar negara anggota
  3. Mendorong kerjasama yang erat antara pemerintah, industri, pengusaha, dan organisasi pekerja dan lembaga pelatihan kejuruan
  4. Kegiatan ini membuka jalan bagi keunggulan kerja dan pengembangan pekerja terampil tinggi
  5. Merupakan kegiatan di mana negara-negara anggota ASEAN dapat bekerja sama dan bersinergi di tingkat kawasan dalam hal pengembangan keterampilan, guna mencapai standar internasional. (sumber kemnaker.go.id)

Tahun ini kemnaker kembali membuka peluang salah satunya melalui BBVP_ Makassar bagi talenta talenta muda Indonesia yang berusia maksimal 20 tahun untuk mengikuti Seleksi Daerah calon kompetitior WS ASEAN Bidang Automobile Technology, Cabinet Making, Electronics, Refrigeration & Air Conditioning.

Pendaftaran World Skill ASEAN mulai dibuka sejak tanggal 16 Juli s/d 9 Agustus 2024.

Foto bbvp_makassar
Bagi kalian yang berminat dan berusia maksimal 20 tahun silahkan untuk melakukan pendaftaran melalui link inaskills.kemnaker.go.id

Untuk info lebih lanjut silahkan mengunjungi instagram@bbvp_makassar

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Seleksi Daerah Worldskills ASEAN "