Jenis dan Proses Kontrol Rem ABS


 Infootota.com- Antilock Brake System dibagi dalam 2 (dua) jenis yaitu Jenis Two Wheel antilock yang hanya bekerja pada kedua roda belakang dan jenis Four Wheel antilock system yang bekerja pada semua roda baik depan maupun belakang.

Baik tipe kontrol mekanis maupun elektronik digunakan untuk setiap system ABS dengan kontrol elektronik saat ini lebih banyak digunkana pada kendaraan.

ABS dalam penggunaannya saat ini dibagi atas:

  • Two wheel dengan jenis mekanik dan Kontrol elektronik
  • Four Wheel dengan jenis mekanik dan Kontrol elektronik

Proses Kontrol

Sistem Rem Konvensional

Saat pengereman mendadak, tekanan minyak rem akan meningkat cepat dan mengunci roda. Hal ini akan terjadi lebih cepat bila kondisi jalan licin.


Sistem Rem ABS

  • Saat roda mulai mengunci, tekanan rem dijaga pada titik A oleh perintah yang dikirim dari Control Unit sehingga perlambatan roda dapat lebih halus/lambat.
  • Saat putaran roda menurunkan kecepatan mengunci roda berdasarkan perintah (tekanan dijaga) yang dikirim dari ABS Control Unit, tekanan rem menurun mulai titik B. saat perlambatan roda berhenti terjadi tekanan rem pada titik itu sehingga percepatan roda kembali terjadi
  • Saat percepatan roda semakin besar, ABS Control unit mendeteksi bahwa gaya pengereman berkurang, tekanan rem akan dinaikkan, mulai titik C. Kontrol dari tekanan rem ini berdasarkan kecepatan kendaraan, menyediakan gaya pengereman yang optimum untuk menghindari penguncian roda.

Jenis Kontrol

Kontrol ABS dibagi menjadi 4 jenis yaitu jenis satu hingga empat channel. Jumlah channel mengacu pada jumlah jalur tekanan minyak rem yang dikontrol sendiri-sendiri. Dari keempat jenis ini, jenis 3 channel dan 4 channel yang paling banyak digunakan dan akan dibahas dibawah ini.

Jenis Tiga Channel

Jenis ini mengontrol tiap roda depan dan roda belakang sebagai satu unit mengacu pada pengaturan pipa saluran rem. Biasanya dipakai pada kendaraan model FR.



Jenis Empat Channel

Jenis ini mengontrol tiap roda, terutama digunakan pada kendaraan tipe FF yang dilengkapi dengan pengaturan pipa saluran rem diagonal, ada juga yang digunakan di kendaraan tipe FR.


Konstruksi ABS

System pengoperasian ABS terdiri dari:



Sumber

Text Book Suzuki Antilock Brake System & Electrical Power Steering

Posting Komentar untuk "Jenis dan Proses Kontrol Rem ABS "