Penyebab Kampas Kopling Cepat Rusak

Bagian Kopling

Infootota.com. Kopling adalah komponen dari pemindah tenaga yang terpasang pada rumah transmisi terletak antara fly wheel (roda gila) dengan transmisi. 

Kopling ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi
  • Memungkinkan perpindahan gigi percepatan dengan lembut/tanpa ada hentakan
  • Melembutkan gerakan kendaraan (mobil) pada saat awal jalan

Sedangkan kopling yang baik harus memenuhi beberapa syarat yaitu:

  • Tahan panas
  • Tahan gesekan
  • Mampu menghubungkan dan memutus putaran mesin dengan lembut
  • Kopling tidak mudah slip

Dalam kehidupan sehari-hari dikenal beberapa jenis kopling yang sering digunakan pada kendaraan

Berdasarkan tipe penggeraknya

Kopling manual

Kopling manual bekerja menghubungkan dan memutuskan putaran mesin berdasarkan keinginan pengemudi, baik pada saat akan melakukan perpindahan gigi percepatan, awal berjalan maupun saat akan berhenti, untuk media penggeraknya kopling manual ada yang menggunakan tali dan juga ada yang menggunakan hidrolik.

Kopling otomatis  

Kopling otomatis bekerja menghubungkan dan memutuskan putaran mesin berdasarkan dari kecepatan putaran poros engkol (mesin) dan ini biasanya digunakan pada transmisi otomatis

Berdasarkan jumlah platmya

Kopling plat ganda

Untuk kopling plat ganda biasanya digunakan pada sepeda motor dimana plat kopling lebih dari satu dengan memanfaatkan gesekan antar plat kopling untuk menghubungkan dan memutus putaran mesin. Dan umumnya bertype basah atau terendam minyak (oli)

Kopling plat tunggal

Untuk kopling plat tunggal umumnya digunakan pada kendaraan (mobil) dengan memanfaatkan gesekan dengan flay wheel (roda gila) untuk memutus dan menghubungkan putaran dan umumnya bertype kering atau tidak terendam dengan minyak (oli).

Penggunaan kopling khususnya pada kopling manual dalam kehidupan sehari hari harus memperhatikan cara penggunaannya dengan baik sebab kalau tidak bisa berakibat pada usia pakai plat kopling dan ini akan memberikan pengaruh terhadap performa kendaraan, diantara kesalahan yang sering terjadi pada pengemudi saat berkendara adalah penekanan pedal kopling yang tanpa disadari saat kendaraan berjalan apalagi saat berkendara dalam perkotaan  hal ini mengakibatkan plat kopling bergesekan/slip dengan plat penekan dan juga fly wheel (roda guila) sehingga menyebabkan kopling slip. Selain dari faktor berkendara yang kurang baik juga bisa disebabkan oleh faktor teknis seperti adanya kebocoran minyak pelumas pada rumah transmisi sehingga merembes sampai plat kopling hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya slip pada plat kopling kemudian penyetelan pedal kopling yang kurang pas.
Bagian Clutch Cover

Untuk penyetelan pedal kopling, tidak boleh terlalu rendah juga tidak boleh terlalu tinggi, jika penyetelan terlalu rendah bisa menyebabkan terjadinya hentakan saat perpindahan gigi percepatan hal ini diakibatkan karena belum sepenuhnya putaran mesin terputus dengan transmisi sementara tuas transmisi sudah digeser hal ini menyebabkan perpindahan gigi percepatan tidak lembut dan terkesan kasar, sedangkan jika penyetelan pedal kopling terlalu tinggi akibatnya adalah antara plat kopling dengan plat penekan dan fly wheel (roda gila) terjadi slip karena plat penekan tidak sepenuhnya menekan plat kopling ke fly wheel (roda gila), akibat dari slip yang terus menerus inilah sehingga menyebabkan terjadinya gesekan dan pada akhirnya usia pakai dari plat kopling menjadi pendek. oleh karena itu penyetelan pedal koling harus diperhatikan dengan baik.   

Demikian penjelasan singkat tentang kopling semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Penyebab Kampas Kopling Cepat Rusak"