Hyundai Ioniq 5 Menjadi Kendaraan Resmi Piala Dunia Tahun 2022 di Qatar

 

Foto screen Hyundai.com

Infootota.com. Perhelatan akbar sepak bola Dunia tahun 2022 di Qatar resmi akan menentukan siapa juaranya pada tanggal 18 Desember 2022 pukul 23.00 WITA dengan mempertemukan Juara Copa Amerika tahun 2021 Argentina dengan Juara Dunia tahun 2018 Prancis. Perhelatan ini sejak dimulai  pada 20 November 2022 meninggalkan banyak sejarah baru salah satunya bahwa Qatar telah sukses menjadi pelaksana Piala Dunia dengan bebas carbon ramah lingkungan.

Hyundai hadir sebagai sponsor utama untuk mendukung penuh Piala Dunia yang bebas carbon ramah lingkungan terbukti dengan mengerahkan berbagai kendaraan listrik miliknya, dilansir dari laman istagram “hyundaimotorindonesia” ternyata IONIQ 5 menjadi salah satu kendaraan resmi Fifa World Cup Tahun 2022 di Qatar yang disediakan untuk layanan  transportasi selama perhelatan akbar itu.

Seperti apa Hyundai IONIQ 5 sehingga menjadi pilihan pelaksana Fifa World Cup di Qatar, berikut kami berikan ulasannya singkatnya:

Hyundai IONIQ 5 Merupakan kendaraan listrik Hyundai pertama yang dibuat di Indonesia, yang dirakit langsung di pabrik Hyundai di Cikarang, sama dengan IONIQ Electric dan KONA Electric sebelumnya IONIQ 5 ini adalah full electric artinya pada kap mesin depan mobil pada umumnya tidak terdapat lagi mesin pembakaran dalam melainkan hanya ruang tambahan untuk penempatan barang dengan kapasitas bagasi 54 L, hal ini dumungkinkan karena IONIQ 5 dibuat dengan platform baru yang dari awal dirangcang untuk mobil listrik saja atau disebut dengan E-GMP (Electric Global Modular Platform). Karena platform ini ekslusif atau tidak diperuntukkan untuk mobil bermesin konvensional sehingga ddapat digunakan untuk desain yang lebih inovatif, interior super lega, performa tinggi, pengisian daya listrik cepat dan jarak tempuh yang lebih panjang.

Motor listrik yang menggerakkan IONIQ5 ada dibelakang dan ada dua pilihan yaitu standar range dengan tenaga maksimum 170 PS dengan torsi maksimum 350 Nm, sedangkan yang long range dengan tenaga maksimum 217 PS dengan torsi maksimum 350 Nm. Kedua jenis ini memiliki kelebihan akselerasi instan, minim suara dan rem yang dikombinasikan dengan Regenerative Braking dan yang pasti bebas emisi. Kemudian yang menjadi sumber tenaganya adalah baterai Lithium-Ion raksasa yang diletakkan dibawah lantai kabin penumpang dan sekaligus merendahkan center of gravity dari mobil. Untuk kapasitasnya sendiri berbeda antara yang standard range (dengan kapasitas baterai 58 kWh) dan long range (dengan kapasitas baterai 72,6kWh) dan yang paling jauh adalah long range di varian prime untuk jarak tempuh pada standard range 384 km, long range 451 km, dan yang long range prime 481 km dengan sekali pengisian daya penuh.

Untuk pengisian dayanya bisa dilakukan dengan pengisian langsung dengan listrik rumah (AC charging 2 port), wall charger atau charger ultra cepat dimana pada IONIQ 5 ini bisa mengisi baterai hingga 80% hanya dengan 18 menit( ultra fast charging DC 350 kW), selain itu ternyata charging portnya juga bisa mensuplai listrik dari mobil kedalam rumah. Dalam pengisian normal untuk standar range sekitar 46 menit dengan DC charging 50 kW up to 80% dan sekitar 5 jam dengan AC charging up to 100% sedangkan untuk long range range sekitar 57 menit dengan DC charging 50 kW up to 80% dan sekitar 6 jam dengan AC charging up to 100%.

Untuk eksterior Hyundai IONIQ 5 terlihat sangat futuristis dan uniknya lagi dari beberapa angle ternyata ada juga styling retronya yg terisnpirasi dari Hyundai Pony Tahun 70-an yang dipadukan dengan desain Hyundai terbaru yang disebut dengan Sensuous Sportiness, dengan selera Hyundai yang sangat spesifik dalam hal gaya, proporsi, arsitektur dan teknologi sehingga menjadikan mobil ini terlihat futuristic dan sporty. Kemudian elemen parametric pixel dengan lampu depan DRL dan sein dengan titik-titik ala pixel sehingga membuatnya menjadi kendaraan yang khas dan pada bagian bawah grill ada Hidden Garnish Lighten yang akan ikut meyala saat lampu utama dinyalakan.  Sedangkan lampu belakang dibuat menjadi satu bagian memanjang parametric pixel.

Foto screen Hyundai.com

Untuk dimensi mobil ini berukuran panjang 4.365 mm dengan wheelbase 3.000 mm, untuk lebar mobil ini berukuran 1.890 mm dengan tinggi 1.605 mm(1.647 dengan shark fin antenna) sedangkan untuk pelek mobil ini menggunakan ukuran 20 inch menjadikannya minim drag atau hambatan dengan desain menarik dan tidak membosankan.  

Itulah spesifikasi teknis dari Hyundai IONIQ5 yang diproduksi di Indonesia. Semoga bermanfaat.


Dikutip dari laman resmi hyundai.com melalui video


Posting Komentar untuk "Hyundai Ioniq 5 Menjadi Kendaraan Resmi Piala Dunia Tahun 2022 di Qatar"