Fungsi dan Makna Angka yang Tertera pada Tutup Radiator



Infootota.com. Sebagian dari kita mungkin menganggap sepele dari tutup radiator mobil padahal pada komponen ini ada komponen yang memiliki peranan sangat besar terhadap terjadinya sistem pendinginan pada mobil.

Kita sama ketahui bahwa titik didih air adalah 100 derajat celsius pada tekanan 1 atmosphir, oleh karena itu radiator ditutup rapat dengan tekanan tertentu agar air tidak mendidih. 

Tekanan tersebut diperoleh dari mekanisme spring yang terdapat pada tutup radiator. Ternyata pada tutup radiator terdapat dua valve yaitu relief/pressure Valve dan vacuum Valve.


Relief valfe berfungsi untuk membuang tekanan jika telah melampaui batas tekanannya yang telah ditentukan dengan cara mengalirkan air radiator kedalam reservoir tank, sedangkan vacuum Valve berfungsi untuk menghisap kembali air yang terdapat pada reservoir tank masuk kembali ke radiator.



Perlu untuk diketahui bahwa pada tutup radiator tertera angka yang masing masing kendaraan memiliki angka yang berbeda, seeprti 0.9 Kg atau 1,1 Kg, ini merupakan angka yang menunjukkan kemampuan tutup radiator untuk menahan tekanan artinya setelah tekanan melewati ambang batas angka yang tertera tekanannya akan dibuang. 

Nah seperti apa kemungkinan yang bisa terjadi jika tutup radiatornya bermasalah? Salah satunya jika relief Valve nya macet maka tekanan yang terjadi pada radiator akan sangat meningkat sehingga bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran sistem pendingin, begitu sebaliknya jika relief Valve springnya sudah lemah mengakibatkan mesin akan sulit mencapai suhu kerja mesin. Dan apabila vacuum valvenya tidak terbuka akan mengakibatkan air pada reservoir tank tidak akan dialirkan masuk kedalam radiator sehingga mengakibatkan radiator akan kekurangan air pendingin. Dan dampak yang bisa terjadi adalah overheat pada mesin.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Makna Angka yang Tertera pada Tutup Radiator "