Komponen Utama Gardan/Diferensial

 

GARDAN/DIFERENSIAL (DIFFERENTIAL)


Infootota.com. Diferensial (differential) adalah komponen kendaraan yang terletak pada bagian bawah kendaraan yang dihubungkan dengan housing axle, berfungsi untuk :

  • Menghubungkan putaran dari poros profeller (profeller shaft) ke roda atau dengan kata lain mengubah putaran poros profeller (profeller shaft) menjadi putaran 90 derajat pada roda
  • Membedakan putaran roda kiri maupun roda kanan saat kendaraan berbelok.

Diferensial ini terdiri atas susunan gigi berbentuk kerucut (cardan), kemudian dihubungkan dengan beberapa jenis gear yang terdapat didalamnya sehingga menjadi satu kesatuan yang saling barkaitan untuk meneruskan putaran dari mesin setelah melewati transmisi dan profeller shaft sampai keroda.

Berikut beberapa komponen yang terdapat pada diferensial

Differential housing

Diferential housing ini terbuat dari besi baja yang penempatannya tepat ditengah-tengah axle housing berfungsi sebagai rumah dari hampir semua komponen garden/ diferensial

 

Differential housing 

Drive pinion

Drive pinion adalah komponen yang disatukan dengan drive pinion shaft, komponen ini berfungsi menerima putaran dari mesin melalui transmisi dan profeller shaft, untuk kemudian diteruskan ke ring gear

 

Drive pinion

Ring gear

Ring gear adalah komponen yang disatukan menggunakan baut pengikat (lock plate) dengan diferential case berfungsi meneruskan putaran dari drive pinion ke diferential case, merubah putaran dari poros profeller menjadi putaran 90 derajat serta memperbesar momen putar dari drive pinion.

 

Ring gear

Diferential case

Diferential case yang terletak didalam diferential housing berfungsi sebagai penempatan komponen side gear, pinion gear dan pinion shaft

 

Differential case

Side Gear

Side gear adalah komponen yang terletak didalam diferential case dan terdiri atas dua yakni side gear sebelah kanan dan side gear sebelah kiri, yang berfungsi untuk menghubungkan putaran dari ring gear melaui pinion shaft ke pinion gear dan selanjutnya ke side gear dan ke roda, baik roda sebelah kiri maupun roda sebelah kanan

Side Gear

Pinion gear

Pinion gear terletak pada diferential case diantara kedua side gear berfungsi untuk menghubungkan putaran dari ring gear ke side gear, side gear akan tetap diam pada porosnya saat kendaraan berjalan pada jalan lurus dan akan bergerak/atau berputar pada porosnya saat salah satu roda berbelok atau terdapat beban atau tahanan.

Pinion gear

Pinion shaft

Pinion shaft terdapat pada diferential case yang salah satu ujungnya diikat oleh sebuah pin agar tidak mudah lepas, berfungsi meneruskan putaran dari diferential case ke pinion gear dan juga sebagai poros dudukan pinion gear.

 

Pinion shaft

Bearing cap

Bearing cap terdapat dua buah yakni sebelah kiri dan kanan terpasang pada diferential housing yang diikat dengan menggunakan baut pengikat, fungsi dari bearing cap ini adalah sebagai dudukan side bearing

 

Bearing cap

Bearing

Bearing pada diferensial terdapat beberapa jenis diantaranya side bearing, rear bearing drive pinion, front bearing drive pinion, fungsinya dalah untuk memudahkan pergerakan dari komponen komponen diferensial.

 

Side bearing

Bearing spacer

Bearing spacer terdapat pada pinion shaft yang berfungsi untuk menentukan preload bearing

 

Washer

Beberapa washer terletak pada bagian komponen yang saling bekaitan, berfungsi untuk memberikan ruang agar komponen tidak langsung bergesekan.

Washer side gear


Adjusting nut

Adjusting nut terpasang pada sisi luar bearing cap yang bagian luarnya terdapat beberapa lubang sehingga memungkinkan bisa diputar, berfungsi untuk mendorong side bearing saat penyetelan backlash diferensial.

Adjusting nut


Oil seal

Oil seal pada diferensial terdapat pada ujung belakang drive pinion yang berfungsi untuk mencegah merembesnya oli diferensial keluar.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Komponen Utama Gardan/Diferensial"